Judul Artikel Terbaru :
Blogger Indonesia

Zat Kandungan Rokok


Beberapa zat kandungan rokok dikenal mempunyai efek yang merugikan tulang dan kulit. Kita mungkin terkejut untuk menemukan nama beberapa bahan kimia dalam asap rokok. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

Karsinogen
adalah zat penyebab kanker. Sekitar 60 zat kimia di dalam rokok menyebabkan kanker.
  • Tobacco-specific N-nitrosamines (TSNAs) merupakan karsinogen utama dalam rokok dan asap rokok.
  • Benzene terkandung dalam pestisida dan bensin, juga dikenal sebagai bensol merupakan senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan cairan tidak berwarna. Asap rokok mengandung benzene kadar tinggi.
  • Pestisida yang biasa digunakan untuk membunuh hama terhirup ke dalam paru-paru melalui asap rokok.
  • Formaldehid adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan mayat. Formaldehid merupakan penyebab iritasi hidung, tenggorokan, dan mata yang terdapat pada asap rokok.

Senyawa Logam Beracun
Logam yang terkandung dalam rokok berbahaya bagi kesehatan. Dalam jumlah besar, mereka sangat beracun bagi tubuh.
  • Arsenik, biasanya digunakan dalam racun tikus. Arsenik terkandung dalam asap rokok melalui pestisida yang digunakan pada perkebunan tembakau.
  • Cadmium, terdapat dalam batrei. Dalam tubuh perokok, terdapat cadmium dua kali lipat dibanding tubuh bukan perokok.

Zat Radioaktif
Zat radioaktif dalam asap rokok berbahaya bagi siapa saja yang menghirupnya. Zat radioaktif tersebut adalah plumbum (Pb-210) dan polonium (Po-210). Mereka adalah logam berat berbahaya dalam asap rokok.

Racun
adalah zat yang dapat mengakibatkan sakit atau kematian pada makhluk hidup. Penelitian menunjukkan bahwa asap rokok mengandung 200 gas beracun.
  • Amonia, biasa digunakan dalam produk pembersih dan pupuk. Amonia digunakan untuk meningkatkan efek nikotin di dalam rokok.
  • Karbon monoksida, terdapat pada asap kendaraan bermotor dan menyebabkan kematian dalam dosis tinggi. Asap rokok mengandung karbon monoksida konsentrasi tinggi.
  • Hidrogen Sianida. Dahulu, Nazi menggunakan hidrogen sianida untuk membunuh orang dalam ruang gas pada perang dunia kedua. Kini, hidrogen sianida dapat ditemukan dalam asap rokok. ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Sianida adalah senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano atau sejenis zat beracun, zat berbahaya yang dapat meracuni makhluk hidup.
  • Metanol (alkohol kayu) adalah alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Asetilena (bahan bakar yang digunakan dalam obor las) merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  • Nikotin digunakan dalam pestisida. Zat inilah yang menyebabkan kecanduan rokok.

Asap rokok, baik yang dihirup perokok maupun asap dari hasil pembakaran rokok, mengandung 250 zat kimia berbahaya, termasuk di antaranya 50 zat penyebab kanker.

Hal tersebut juga berlaku bagi perokok pasif. Artinya, jika Anda menghirup asap rokok, semua zat berbahaya tersebut ikut masuk ke dalam tubuh Anda.

Kandungan Rokok (Gambar 1)

Sumber Artikel
1. AnneAhira.com. Bahaya Kandungan Zat Dalam Rokok. www.anneahira.com/kandungan-zat-dalam-rokok.html. Diakses pada: 01 Mei 2012.
2. Bahayamerokok.net. Kandungan Rokok Penyebab Penyakit Kronis. www.bahayamerokok.net/kandungan-rokok.html. Diakses pada: 01 Mei 2012.
3. Dwi Jo. Pengertian Sianida. www.dwi-jo.blogspot.com/2012/02/pengertian-sianida.html. Diakses pada: 01 Mei 2012.
Sumber Gambar
Tuberose.com. cigarette smoking. www.tuberose.com/cigarette%20smoking.html. Gambar 1. Diakses pada: 01 Mei 2012.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Komentar untuk Zat Kandungan Rokok